Pedagang & Pengunjung Pasar Pagi Mengikuti Rapid Test COVID-19

SALATIGA, 29 Mei 2020 Dalam rangka mencegah penyebaran penularan COVID-19 di Kota Salatiga khususnya Pasar Pagi, Dinas Kesehatan Kota Salatiga bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Kota Salatiga melaksanakan kegiatan Rapid Test di Pasar Pagi Salatiga. Sebanyak 160 orang yang terdiri dari pedagang dan pengunjung mengikuti Rapid Test COVID-19.

Kepala DKK Salatiga, Siti Zuraidah menjelaskan, rapid test massal tersebut dilakukan untuk mendapatkan gambaran besaran kasus. Persentase sampel jumlah pedagang dan pembeli, akan dibandingkan dengan banyaknya orang yang dinyatakan reaktif atau nonreaktif. Dijelaskan, DKK bekerja sama dengan Dinas Perdagangan akan menghubungi pedagang atau pembeli yang dinyatakan reaktif, sesuai nama dan nomor telepon yang tertera dalam kartu yang diserahkan saat Rapid Test COVID-19.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Salatiga Kusumo Aji menambahkan, pihaknya akan segera menghubungi pedagang atau pembeli yang menunjukkan tanda reaktif, setelah resmi menerima hasil Rapid Test COVID-19 dari DKK Salatiga. Bagi yang reaktif, wajib untuk menjalani isolasi. Yang berdagang dan belanja di sini bukan hanya warga dari Salatiga. Karena itu jika ada yang reaktif akan segera dihubungi dan dari mana mereka berasal .

Sebelumnya Pasar Pagi Salatiga telah menerapkan protokol kesehatan yaitu Social Distancing dan Physical Distancing, pedagang dan pengunjung pasar pagi wajib mengggunakan masker/face shield di area pasar pagi juga terdapat beberapa titik tempat cuci tangan. Selain itu juga ada petugas dari Dinas Perdagangan yang berkeliling melakukan pengecekan suhu badan baik untuk pedagang dan pengunjung menggunakan Thermogun.