Sosialisasi Pengembangan Ekspor dan Peluang Pasar Bagi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah

Salatiga, 16 April 2019 Dinas Perdagangan Kota Salatiga mengadakan acara Sosialisasi Pengembangan Ekspos dan Peluang Pasar Bagi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah. Acara tersebut dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Perdagangan Ardiyantara, SH, MH. dalam sambutannya Plt Kepala Dinas Perdagangan menyampaikan gambaran umum dan kebijakan ekspor bagi UMKM di Kota Salatiga, antara lain peran strategis UMKM dalam perekonomian yaitu kedudukan UMKM sebagai pemain utama dalam kegiatan ekonomi di berbagai sektor, pemain penting dalam pengembangan kegiatan lokal dan pemberdayaan masyarakat, pencipta pasar baru dan sumber inovasi, UMKM umumnya berbasis pada sumber daya ekonomi lokal dan tidak bergantung pada impor serta menghasilkan produk ekspor. Selain itu disampaikan juga Startegi Pemberdayaan UMKM, Dengan memperhatikan tantangan dan sasaran pengembangan UMKM ke depan, dan merujuk pada arah kebijakan nasional dan di bidang UMKM dan koperasi tahun 2015-2019, maka kebijakan yang dilaksanakan pada tahun 2015-2019 diarahkan untuk: meningkatkan produktivitas, kelayakan dan nilai tambah Koperasi dan UMKM sehingga mampu tumbuh ke skala yang lebih besar (“naik kelas”) dan berdaya saing.