Kunjungan Peserta Diklat PIM III Kabupaten Indramayu

SALATIGA – Rabu 27 Maret 2019 Dinas Perdagangan Kota Salatiga menerima kunjungan peserta Diklat PIM III Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan Kota Salatiga Ardiyantara, SH, MH bersama Kepala Bidang Perdagangan Drajat Adi Cahyono, S.iP dan Kepala Bidang Pedagang Kaki Lima Sigit Sudomo, SE.

Dalam sambutannya Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan Ardiyantara, SH, MH menyampaikan visi dan beberapa misi Walikota Salatiga yaitu visi ” SALATIGA HATI BERIMAN YANG SMART” Misi Mengembangkan ekonomi kerakyatan yang berorientasi pada Usaha Menengah, Kecil dan Mikro, Meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). selain itu disampaikan bebeberapa isu strategis yang dihadapi Dinas Perdagangan Kota Salatiga yaitu :

  1. Potensi perkembangan dunia usaha yang kondusif
  2. Mekanisme pengendalian distribusi barang dan stabilasi harga bapokmas dan bahan penting lainnya
  3. Sistem informasi
  4. Kemudahan pelayanan perizinan
  5. .Kompetensi SDM
  6. Cakupan kewenangan ruang lingkup pelayanan tera / tera ulang sesuai atauran berdampak pada potensi PAD
  7. Pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam hal legalitas usaha tertib ukur dan standarisasi produk dan sertifikasi SDM
  8. Kebijakan pusat tentang perubahan aturan dan kelembagaan pelayanan perizinan

Beberapa program inovasi juga disampaikan antara lain :

  • Program E-Retribusi Pasar yang sudah berjalan dari tahun 2018 program ini diterapkan di dua pasar yaitu Pasar Raya I dan Pasar Blauran dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan terhadap pedagang pasar dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.
  • Portal Client / Sistem Informasi Manajemen Perdagangan, Aplikasi ini berisi Informasi Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat dimana data didalamnya di integrasikan dengan Sistem Informasi Harga Komoditi (SIHATI) Bank Indonesia Jawa Tengah dan Sisten Informasi Dinas Pangan Kota Salatiga, Data Pelaku Usaha, Data Perusahaan Ekspor Impor dan realisasinya, Data SPBU, Agen, Pangkalan LPG beserta realisasi penyalurannya.